Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Dengan Artinya

Assalamu’alaikum. Salam sejahtera, semoga teman-teman tetap dalam lindungan-Nya. Amien. Kali ini saya akan berbagi Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Dengan Artinya Pasti tahu kan “Apa itu Doa Qunut?”. Yaitu doa yang secara umum dibaca pada waktu i’tidal atau berdiri dari ruku’ akhir pada shalat subuh dan shalat witir. Kata Qunut sendiri berasal dari kata “Qanata” yang artinya patuh dalam mengabdi (kepada Allah). Adapun hukum membaca doa qunut adalah sunnah muakkad (ab’ad) atau sunnah yang diperkuat. Namun para imam dan ulama mazhab berbeda pendapat tentang pelaksanaan doa qunut.

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Dengan Artinya Indonesia

Nah sobat, kali ini saya akan ulas secara detail Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Dengan Artinya beserta hadits, mari kita simak, oia artikel ini saya ambil dari beberapa sumber, mohon maaf kalau ada kesalahan, tolong di koreksi:

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Dengan Artinya

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Dengan Artinya

“Bismillaahirrahmaanirrahiim”

“Allahummahdinaa fii man hadaiit,
Wa’aafinaa fii man ‘aafaiit,
Wa tawallanaa fii man tawallaiit,
Wa baarik lii fiimaa a’thoiit,
Wa qinaa birohmatika syarra maa qadhaiit,
Fa innaka taqdhii walaa yuqdaa ‘alaiik
Wa innahu laa yadzillu man waalaiit,
Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit,
Tabaa rakta rabbanaa wata’aalait
Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit
Astaghfiruka wa atuubu ilaiik,
wa shallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadinin-nabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.”
 
Artinya :
 
“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang2 yang telah Engkau beri petunjuk.
Berilah aku kesehatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan.
Pimpinlah aku bersama orang-orang yang telah Engkau pimpin.
Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku.
Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan.
Karena, sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum atau menentukan atas Engkau.
Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.
Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi.
Maha berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau.
Segala puji bagi-Mu atas yang telah engkau pastikan.
Aku mohon ampun dan kembali (taubat) kepada Engkau.
Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas nabi Muhammad beserta seluruh keluarganya dan serta sahabatnya.”Ket :

  • Perbedaan do’a Qunut saat sholat sendiri dan jama’ah terletak pada kata “nii” (untuk sholat sendiri/munfarid), dan “naa” (untuk sholat berjama’ah).
  • Diatas adalah arti do’a Qunut khusus untuk sholat sendiri. (Berbahasa Arab)
  • Untuk arti do’a Qunut berjamaah silahkan ganti “aku” menjadi “kami”.

Tata Cara Sujud Syahwi Jika Lupa Tidak Membaca Do’a Qunut

Sujud syahwi yang dikerjakan karena lupa, seperti karena tidak membaca doa qunut, waktu pelaksanaannya adalah pada saat sesudah bacaan tahiyatul akhir dan sebelum salam. Sujud dilakukan sebanyak 2 kali dan membaca bacaan tasbih berikut :
 
 سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُوْ
 
” Subhaana man laa yanaa mu walaa yashu “
 
Artinya : “Maha suci Allah yang tidak tidur dan tidak lupa.”

Hadits yang berkaitan dengan Doa Qunut

Salah satu masalah kontraversial di tengah masyarakat adalah qunut Shubuh. Sebagian menganggapnya sebagai amalan sunnah, sebagian lain menganggapnya pekerjaan bid’ah. Bagaimanakah hukum qunut Shubuh sebenarnya ?

Jawab :

Dalam masalah ibadah, menetapkan suatu amalan bahwa itu adalah disyariatkan (wajib maupun sunnah) terbatas pada adanya dalil dari Al-Qur’an maupun As-sunnah yang shohih menjelaskannya. Kalau tidak ada dalil yang benar maka hal itu tergolong membuat perkara baru dalam agama (bid’ah), yang terlarang dalam syariat Islam sebagaimana dalam hadits Aisyah riwayat Bukhary-Muslim :

مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَد ٌّ. وَ فِيْ رِوَايَةِ مُسْلِمٍ  : ((مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمُرُنَا فَهُوَ رَدَّ

Siapa yang yang mengadakan hal baru dalam perkara kami ini (dalam Agama-pent.) apa yang sebenarnya bukan dari perkara maka hal itu adalah tertolak”. Dan dalam riwayat Muslim :Siapa yang berbuat satu amalan yang tidak di atas perkara kami maka ia (amalan) adalah tertolak”.

Di antara dalil nash yang menyebutkan hal itu adalah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ حَدَّثَهُ أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ  قَنَتَ شَهْرًا فِي صَلاةِ الصُّبْحِ

“Dari Anas bin Malik diceritakan kepadanya bahwa Nabiyullah SAW melakukan doa qunut pada shalat shubuh selama sebulan”. (HR. Al-Bukhari)

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ  قَنَتَ شَهْرًا يَدْعُو عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ ثُمَّ تَرَكَهُ

“Sesungguhnya Rasulullah SAW melakukan doa qunut mendoakan kebinasaan penduduk suatu dusun orang Arab selama sebulan lalu meninggalkannya (HR. Muslim)

Selain itu juga hadits lain yang menguatkan tentang beberapa shahabat utama seperti Abu Bakar, Utsman dan Alibin Abi Thalib radhiyallahuanhum yang tidak melakukan doa qunut pada shalat shubuh.

عَنْ أَبِي مَالِكٍ سَعْدِ بْنِ طَارِقٍ الأْشْجَعِيِّ قَال : قُلْتُ لأِبِي : يَا أَبَتِ إِنَّكَ قَدْ صَلَّيْتَ خَلْفَ رَسُول اللَّهِ  وَأَبِي بَكْرٍ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ هَاهُنَا بِالْكُوفَةِ نَحْوًا مِنْ خَمْسِ سِنِينَ أَكَانُوا يَقْنُتُونَ ؟ قَال : أَيْ بُنَيَّ مُحْدَثٌ . وَفِي لَفْظٍ : يَا بُنَيَّ إِنَّهَا بِدْعَةٌ

Dari Abi Malik Saad bin Thariq Al-Asyja’ie berkata, “Aku tanya kepada Ayahku : Wahai Ayahanda, Anda pernah shalat di belakang Rasulullah SAW, Abu Bakar, Utsman dan Ali disini di Kufah, selama lima tahun, apakah mereka membaca doa qunut?”. Ayahku menjawab, “Wahai anakku, muhdats (hal baru yang diada-adakan)”. Dalam lain riwayat : wahai anakku, qunut itu bid’ah“. (HR. At-Tirmizy dan An-Nasa’i)

Pembahasan utama kita, Doa qunut yang dilakukan atau dibacakan pada raka’at terakhir sholat shubuh tepatnya pada waktu i’tidal setelah ruku, hukum dari doa qunut sholat shubuh ini menurut imam syafi’i adalah sunnah ab’adh, dalam arti diberi pahala bagi orang yang mengerjakannya dan bagi orang yang lupa dalam membaca doa qunut ini maka disunnatkan untuk menggantikannya dengan sujud sahwi. Banyak sekali perbedaan pendapat dari doa qunut ini, namun kita sebagai pengikut madzab imam syafi’i tentu disunnahkan untuk melakukannya, sekian dari saya dalam pembahasan Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Dengan Artinya, (Baca JugaNiat Sholat Jamak Taqdim dan Takhir Lengkap Dengan Artinya & Manfaat dan Keutamaan Sholat Sunat Tahajud)

wasallam.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *