Niat Sholat Jamak Taqdim dan Takhir Lengkap Dengan Artinya

Niat Sholat Jamak Taqdim dan Takhir Lengkap Dengan Artinya | Islam adalah agama yang mudah dan tidak merepotkan penganutnya. Memang amat besar dosa orang yang meninggalkan shalat, akan tetapi shalat sungguh sangat dimudahkan. Tidak bisa dengan berdiri boleh duduk, tidak bisa duduk boleh berbaring, tidak bisa dengan berbaring boleh terlentang hingga yang terakhir adalah cukup dengan isya’rat dengan pelupuk matanya kemudian dengan hatinya.

Niat Sholat Jamak Taqdim dan Takhir Lengkap

Intinya jangan sampai ada orang yang meninggalkan shalat. Tidak ada orang yang tidak bisa melakukan shalat karena shalat sangat mudah dan sesuai dengan kemampuan. Maka tidak ada satu orang pun yang boleh meninggalkan shalat dalam keadaan apapun, termasuk disaat sedang bepergian. Menurut Imam Hanafi, mengqashar shalat adalah ‘azimah, sedangkan Imam Syafi’i serta Imam Mazhab yang lainnya berijtihad bahwa qashar shalat sifatnya rukhsah, mengerjakan shalat bisa dengan cara qashar atau dengan cara menyempurnakan.

Dalam Al-Qur’an surah An-Nisa’ :

وَإِذَا ضَرَبْتُمْ فِي الأرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا إِنَّ الْكَافِرِينَ كَانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُبِينًا (١٠١)

Artinya : dan apabila kamu bepergian di muka bumi, Maka tidaklah mengapa kamu men-qashar[343] sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Kali ini Om Tonet akan bahas secara detail mengenai Pengertian Sholat Jamak Beserta Niat Sholat Jamak Taqdim dan Takhir Lengkap Dengan Artinya

Niat Sholat Jamak Taqdim dan Takhir Lengkap Dengan Artinya

Shalat Jamak

Shalat jamak adalah mengumpulkan dua shalat dalam satu waktu. Misalnya : Shalat Zhuhur dilakukan di waktu Ashar. Artinya, saat masuk waktu Dzuhur ia tidak melakukan Shalat Dzuhur, akan tetapi dilakukan di waktu Ashar. Maka setelah masuk Ashar orang tersebut melakukan Shalat Dzuhur kemudian melakukan Shalat Ashar

Shalat yang bisa dijamak adalah;

  • Shalat Zhuhur dikumpulkan dengan Shalat ‘Ashar
  • Shalat Maghrib dikumpulkan dengan Shalat ‘Isya

Adapun Shalat Shubuh tidak bisa dijamak dengan shalat apapun.

Jamak Taqdim dan Ta’khir

  1. Jamak Taqdim adalah mengumpulkan dua waktu shalat di waktu shalat yang pertama. Contoh: Menjamak Shalat Zhuhur dan ‘Ashar di waktu Shalat Zhuhur
  2. Jamak Ta’khir adalah mengumpulkan dua waktu shalat di waktu shalat yang kedua atau terakhir. Contoh: Jamak Shalat Maghrib dengan Shalat Isya’ di waktu Shalat Isya’

Shalat Qashar

Shalat Qashar yaitu menjadikan shalat yang berjumlah empat rakaat menjadi dua rakaat. Seperti Shalat Zhuhur, ‘Ashar dan Isya’. Sedangkan Shalat Maghrib dan Shubuh tidak bisa di-qashar.

Untuk Anda yang sesekali melakukan perjalann jauh, maka ilmu fiqih yang berhubungan tentang shalat jamak dan qashar seharusnya dipelajari terlebih dulu. Agar kita tidak kebingungna manakala kita sedang melakukan perjalanan jauh. Nah bagi kalian yang belum tahu Niat Sholat Jamak Takhir dan Taqdim silahkan baca tulisan yang telah kami posting dbawah ini.

Ketika kita melakukan perjalanan jauh, Kita diberikan rukhshah atau keringanan untuk menjamak dan juga mengqashar shalat. Oleh sebab itu , untuk kami akan membahas mengenai lafadzniat shalat jamak, baik niat shalat jamak taqdim maupun jamak takhir akan kami tulis disini. Sedangkan untuk syarat dan ketentuan sholat jamak belum kami jelaskan di sini, mungkin lain waktu.
Niat cukup dalam hati karena niat sendiri berarti ilmu atau mengetahui. Maka setiap orang yang mengetahui melakukan ibadah shalat, maka ia sudah disebut berniat. Tidak perlu ada lafazh niat di lisan karena tidak ada satu dalil dari Al Qur’an dan hadits pun yang membicarakan anjuran tersebut. Masalah niat ini berlaku bagi shalat dan ibadah lainnya.

Niat Bacaan Sholat Taqdim dan Takhir

Sholat Jamak Takdim

sholat jamak takdim adalah mengerjakan sholat pada waktu yang pertama (pada waktu dzuhur dan Magrib). Maksudnya, apabila anda akan menjamak sholat dzuhur dan ashar. Maka anda akan mengerjakannya di waktu dzuhur.

Begitu pula dengan magrib dengan isya’ yang dilaksanakan pada waktu magrib tiba. Urutannya, kerjakan sholat yang pertama dilanjutkan sholat yang kedua tanpa diselingi kegiatan apapun.

Maksuddnya adalah, Setelah salam pada sholat dzuhur anda langsung berdiri mengerjakan sholat ashar. Keduanya dikerjakan empat rakaat tanpa ada yang dikurangi.

Niat sholat Jamak Takdim Dzuhur dengan ashar

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِأربع  رَكعَاتٍ  مَجْمُوْعًا مع العَصْرِ اَدَاءً للهِ تَعَالى

Bacaan Latin : Ushollii fardlozh zhuhri arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al ashri adaa-an lillaahi ta’aalaa.

Artinya : “Aku sengaja sholat fardu dhuhur 4 rakaat yang dijama’ dengan Ashar, fardu karena Allah Ta’aala

Kemudian untuk sholat asharnya anda tidak perlu menggunakan niat sholat jamal lagi, melainkan dengan membaca niat sholat ashar seperti biasanya.

Bacaan Latin : “Ushalli fardhal ‘ashari arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa-an (ma’muuman/imaama) lillahi Ta’aala.

Artinya : “Aku berniat sholat ashar empat rakaat menghadap kiblat fardhu karena Allah Ta’aala”.

Sholat Jamak Takhir

Jamak takhir adalah kebalikan daripada jamak takdim, yaitu mengerjakan sholat fardhu pada waktu sholat yang kedua (waktu asyhar dan isya’). Maksudnya, apabila anda akan menjamak sholat magrib dan isya’. Maka anda akan mengerjakannya di waktu isya’.

Niat sholat Dzhur jamak takhir dengan ashar

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِأربع  رَكعَاتٍ  مَجْمُوْعًا مع العَصْرِ اَدَاءً للهِ تَعَالى

Bacaan Latin : Ushollii fardlozh zhuhri arba’a raka’aatin majmuu’an ma’al ashri adaa-an lillaahi ta’aalaa.

Artinya : “Aku sengaja sholat fardu dhuhur 4 rakaat yang dijama’ dengan Ashar, fardu karena Allah Ta’aala”

Niat sholat ashar jamak takhir dengan sholat dzuhur

أُصَلِّي فَرْضَ العَصْرِ أربع رَكعَاتٍ مَجْمُوْعًا مع الظُّهْرِ اَدَاءً للهِ تَعَالى

Bacaab latin : Ushollii fardlol ‘ashri arba’a raka’aatin majmuu’an ma’azh zhuhri adaa-an lillaahi ta’aalaa.

Artinya : “Aku sengaja sholat fardu Ashar 4 rakaat yang dijama’ dengan dhuhur, fardu karena Allah Ta’aala”

Catatan : Untuk sholat magrib dan sholat isya’, tinggal menyesuaikan bacaan niatnya.

sholat Qashar

Bebeda lagi dengan sholat jamak yang menggabungkan, sholat qashar berarti meringkas.

Rukhsah sholat qashar adalah meringkas empat rakaat menjadi dua rakat. Contoh meringkas antara sholat dzuhur dengan sholat ashar, masing-masing dilakukan dua rakaat, begitupula dengan sholat magrib dengan sholat isya’, masing-masing di qashar menjadi dua rakaat.

Dikerjakan dalam satu waktu seperti dzuhur dengan ashar dikerjakan di waktu ashar begitu juga dengan magrib dan isya’.

Firman Allah Swt dalam surah An-Nisa ayat 101 yang artinya : Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidak mengapa kamu mengqashar sholatmu, jik kamu takut diserang orang-orang kafir, sesungguhnya orang-orang kafir itu musuh yang nyata bagimu. “Qs. (An- Nisa : 101)

اُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا اَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Bcaan Latin: Usholli farduzh dzuhri qasran rok’ataini lillahi ta’ala

Artinya : “Niat sholat fardhu dzuhur secara qashar 2 rakaat karena Allah”

Sholat Jamak Qashar

Betapa murahnya Allah Swt.  Selain memperbolehkan hambanya menjamak atau mengqashar kewajiban ibadah sholatnya. Allah Swt. juga mengizinkan hambanya untuk mengerjakan sholat jamak Qashar, yaitu digabung dan diringkas.

Berarti anda mengerjakan dua sholat fardhu dalam satu waktu dan juga meringkasnya. sholat jamak qashar dapat dilakukan secara takdim maupun takhir.

Niat sholat Qashar dan Jamak Takdim Serta Bacaan Latinnya

أصلي فرض الظهر جمع تقديم بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

Bacaan Latin : Ushallii fardhazh zhuhri rak’ataini qashran majmuu’an ilaihil ‘ashru adaa’an lillaahi ta’aalaa.

Artinya : “Aku berniat sholat fardhu zhuhur dua rakaat, qashar, dengan menjamak ashar kepadanya, karena Allah ta’ala.”

Niat sholat qashar dan jamak takhir

أصلي فرض الظهر جمع تأخير بالعصر قصرا ركعتين لله تعالي

Bacaan Latin : Ushallii fardhal ‘ashri rak’ataini qashran majmuu’an ilazh zhuhri adaa’an lillaahi ta’aalaa.

Artinya : “aku berniat sholat fardhua shar dua rakaat, qashar, dengan menjamaknya kepada zhuhur, karena Allah ta’ala.”

Syarat-Syarat Sah dalam sholat Jamak, Qashar dan jamak Qashar

sholat jamak dan Qashar memang diperuntunkan bagi umat islam yang sedang melakukan perjalanan jauh atau karena ada suatu halangan tertentu sehingga tidak dapat melaksanakan sholat fardhu tepat pada waktunya.

Adapun syarat-syaratnya adalah sebagai berikut :
  1. Melakukan perjalanan minimum 81 kilometer (menurut kesepakatan para ulama)
  2. Perjalanan tidak bertujuan untuk hal yang bersifat negatif atau berbuat dosa
  3. Sedang berada dalam keadaan bahaya seperti : dalam keadaan perang, Hujan lebat disertai angin yang kencang, gunung meletus atau bencana alam lainnya.
Nah, cukup sekian informasi megenai niat shalat jamak yang dapat Om Tonet sampaikan. Barang kali ada kesalahan dalam penulisan maupun tutur kata kami mohon kerelaan Anda untuk memaafkannya. Harapan kami semoga artikel ini dapat berman faat bagi kita semua. Demikianlah artikel kami mengenai Niat Sholat Jamak Taqdim dan Takhir Lengkap Beserta Artinya.

Save

Save

Save

Save

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *